MERUMUSKAN RPP TEMATIK UNTUK PEMBELAJARAN DI SD/MI
MERUMUSKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK UNTUK PEMBELAJARAN DI SD/MI
Esensi dari Kurikulum 2013 adalah keseimbangan antara sikap,
keterampilan, dan pengetahuan. Dalam hal ini sikap harus menjadi dasar
utama yang menyelimuti keterampilan dan pengetahuan, dalam arti sikap
harus dapat memandu keterampilan dan pengetahuan. Bagaimana dalam
implementasi pembentukan sikap tersebut ? Dalam proses perancangan RPP
dan pelaksanaan pembelajaran di kelas, sikap diintegrasikan dalam
aktivitas keterampilan dan pengetahuan. Sikap yang dimaksud meliputi
sikap spiritual dan sikap sosial.
Dalam Kurikulum 2013, standar kompetensi lulusan (SKL) dirumuskan ke dalam tiga domain di atas, yaitu :
(1) Sikap dan prilaku (meliputi: menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan);
(2) Keterampilan (meliputi: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta); dan
(3) Pengetahuan (meliputi: mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi).
Berdasarkan SKL tersebut, dirumuskan kompetensi inti (KI) dan dari KI diturunkan ke dalam kompetensi dasar (KD).
Kompetensi Inti tersebut meliputi, yaitu :
a. Kompetensi Inti 1 (KI 1) tentang sikap spritual,
b. Kompetensi Inti 2 (KI 2) tentang sikap sosial,
c. Kompetensi Inti 3 (KI 3) tentang pengetahuan, dan
d. Kompetensi Inti 4 (KI 4) tentang keterampilan.
Oleh sebab itu, urutan kompetensi inti dalam Kurikulum 2013 adalah
sikap spritual (KI-1), sikap sosial (KI-2), pengetahuan (KI-3) dan
keterampilan (KI-4). Meskipun urutan KI tersebut seperti itu, namun
dalam perancangan dan pelaksanaan pembelajaran hendaknya dimulai dari
KI-3 menuju KI-4. Keterampilan hanya dapat dibangun dengan hasil yang
baik melalui pengetahuan (pelukis, penyanyi, olahragawan pasti memiliki
pengetahuan yang memadai tentang keterampilan yang ditekuninya).
Keterampilan yang tidak melalui proses pengetahuan (KI-3) tidak akan
menghasilkan karya yang baik (Materi Sosialisasi Implementasi Kurikulm
2013). Dalam proses perolehan pengetahuan dan keterampilan, sikap
diintegrasikan sehingga seluruh mata pelajaran diorientasikan memiliki
kontribusi terhadap pembentukan sikap. Selanjutnya dari KI 4 berlanjut
ke KI 2, kemudian KI 1).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar