"SEMOGA BERMANFAAT"

Minggu, 06 Oktober 2024

ASESMEN KOMPETENSI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MADRASAH

ASESMEN KOMPETENSI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MADRASAH


Dimensi Kompetensi Guru

a. Kompetensi Pedagogik

    1) Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan                   intelektual.
     2) Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
     3) Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang                  diampu.
     4) Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
     5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
     6) Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi              yang dimiliki.
     7) Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
     8) Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
     9) Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
   10) Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.


 b. Kompetensi Profesional

     1) Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran                  yang diampu.
     2) Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang                  diampu.

     3) Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
     4) Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
     5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan              diri.


Juknis AKGTK Tahun 2024 Download

KALENDER PENDIDIKAN MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Sabtu, 05 Oktober 2024

KEPUTUSAN MENTERI AGAMA NOMOR 450 TAHUN 2024 TENTANG PEDOMAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA RA DAN MADRASAH

TP, ATP, DAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH

Contoh Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Madrasah

1. TP, ATP dan Modul Ajar Al-Qur'an Hadis Download 
2. TP, ATP dan Modul Ajar Akidah Akhlak Download 
3. TP, ATP dan Modul Ajar Fikih Download 
4. TP, ATP dan Modul Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Download 
5. TP, ATP dan Modul Ajar Bahasa Arab Download

CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB KURIKULUM MERDEKA PADA MADARASAH

CAPAIAN PEMBELAJARAN UNTUK SD/MI/PROGRAM PAKET A, SMP/MTS/PROGRAM PAKET B, DAN SMA/MA/PROGRAM PAKET C PADA KURIKULUM MERDEKA

1. CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Download 

2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA Download 

3. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA Download 

4. CAPAIAN PEMBELAJARAN IPAS Download 

5. CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK Download 

6. CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI RUPA Download 

7. CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI TARI Download 

8. CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI TEATER Download 

9. CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS Download 

10. CAPAIAN PEMBELAJARAN PJOK Download

PANDUAN KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH

1. Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Download 
2. Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah Download 
3. Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Download 
4. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Download 

Rabu, 15 Maret 2017

APLIKASI RAPORT KURIKULUM 2013 MI SESUAI PERMENDIKBUD NOMOR 24 TAHUN 2016


Aplikasi Raport K 13 (Permendikbud No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013)
Download

Selasa, 14 Maret 2017

EDISI REVISI PANDUAN PENILAIAN KURIKULUM 2013 UNTUK SD/MI - DESEMBER 2016

Pada Bulan Desember 2015, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan) telah menyusun dan menerbitkan Panduan Penilaian pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, di antaranya adalah Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Panduan penilaian tersebut dipergunakan sebagai rambu-rambu bagi para pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, juga menjadi pedoman untuk merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan membuat laporan hasil penilaian secara akuntabel dan informatif. Seiring dengan perkembangan, terdapat perubahan kebijakan dalam bidang pendidikan khususnya Kurikulum 2013 yang mengatur standar-standar di dalamnya, kebijakan terkait dengan penilaian antara lain: 
(1). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah; 
(2). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah; 
(3). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah; 
(4). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan; 
(5). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. 
Selain untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan perubahan kebijakan, mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak serta hasil pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melaksanakan review dan revisi pada panduan penilaian yang diterbitkan sebelumnya, dengan harapan buku panduan penilaian dapat lebih memenuhi kebutuhan pengguna, yaitu para pendidik dan satuan pendidikan agar dapat melaksanakan penilaian dengan baik dan benar. 

REVISI PANDUAN PENILAIAN UNTUK SD - DESEMBER 2016