"SEMOGA BERMANFAAT"

Minggu, 08 Maret 2015

KONVERSI NILAI HASIL PKG KE ANGKA KREDIT

KONVERSI NILAI HASIL PKG KE ANGKA KREDIT

Nilai kinerja guru hasil PKG perlu dikonversikan ke skala nilai menurut Permeneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Hasil konversi ini selanjutnya  digunakan  untuk  menetapkan  sebutan  hasil  PKG  dan  persentase  perolehan  angka  kredit  sesuai  pangkat  dan  jabatan  fungsional  guru. 
Pengkonversian hasil PKG ke Angka Kredit adalah tugas Tim Penilai Angka Kredit kenaikan  jabatan  fungsional  guru  di  tingkat  kabupaten/kota,  provinsi,  atau  pusat.  Penghitungan angka kredit dapat dilakukan di tingkat sekolah, tetapi hanya untuk keperluan estimasi perolehan angka kredit guru. Angka kredit estimasi berdasarkan hasil perhitungan PKG yang dilaksanakan di sekolah, selanjutnya dicatat dalam format penghitungan angka kredit yang ditandatangani oleh penilai, guru yang dinilai dan diketahui oleh kepala sekolah. Bersamasama dengan angka angka kredit dari unsur utama lainnya (pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif) dan
unsur penunjang,  hasil perhitungan PKG yang dilakukan oleh tim penilai tingkat kabupaten/kota, provinsi, atau pusat akan direkap dalam daftar usulan penetapan angka  kredit  (DUPAK)  untuk  proses  penetapan  angka  kredit  kenaikan  jabatan fungsional guru.
1.  Konversi nilai PKG bagi guru tanpa tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah Berdasarkan  Permenneg  PAN  dan  RB  Nomor  16  Tahun  2009, perolehan angka kredit untuk pembelajaran atau pembimbingan setiap tahun bagi guru diperhitungkan dengan rumus sebagai berikut :                     




Keterangan:
•  AKK adalah angka kredit kumulatif minimal yang dipersyaratkan untuk kenaikan pangkat.
•  AKPKB  adalah  angka  kredit  PKB  yang  diwajibkan  (sub unsur  pengembangan  diri,  karya
ilmiah, dan/atau karya inovatif).
•  AKP adalah angka kredit unsur penunjang sesuain ketentuan Permeneg PAN dan RB No.16 Tahun 2009. 
•  JM  adalah  jumlah  jam  mengajar  (tatap  muka)  guru  di  sekolah/madrasah  atau  jumlah
konseling yang dibimbing oleh guru BK/Konselor per tahun.
•  JWM adalah jumlah jam wajib  mengajar (24 – 40 jam  tatap muka  per minggu) bagi guru
pembelajaran atau jumlah konseli (150 – 250 konseli per tahun) yang dibimbing oleh guru
BK/Konselor.
•  NPK adalah persentase perolehan  angka kredit sebagai hasil penilaian kinerja.
•  4 adalah waktu ratarata kenaikan pangkat reguler, (4 tahun).
•  JM/JWM = 1  bagi  guru  yang mengajar  2440 jam  tatap  muka  per  minggu  atau
membimbing 150 – 250 konseli per tahun.
•  JM/JWM = JM/24 bagi guru  yang mengajar kurang  dari 24 jam tatap  muka per minggu
atau  JM/150  bagi guru  BK/Konselor  yang membimbing   kurang  dari  150 konseli per tahun.

AKK,  AKPKB  dan  AKP  yang  dipersyaratkan  untuk  guru  dengan  jenjang/pangkat  tertentu ditetapkan berdasar Pasal 18 Permeneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009.  Menurut peraturan ini, jenjang jabatan fungsional guru terdiri dari; Guru Pertama, Guru Muda, Guru Madya, dan Guru Utama.  Seorang Guru yang akan dipromosikan naik  jenjang  pangkat  dan  jabatan  fungsionalnya  setingkat  lebih  tinggi, dipersyaratkan harus memiliki angka kredit kumulatif minimal sebagai berikut :



Keterangan: (1) Angka kredit kumulatif minimal pada kolom 3 adalah jumlah angka kredit minimal yang dimiliki untuk masingmasing jenjang jabatan/pangkat; dan (2) Angka kredit pada kolom 4 adalah  jumlah  peningkatan  minimal  angka  kredit  yang  dipersyaratkan  untuk  kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih tinggi.

Contoh 1: Guru Mata Pelajaran 
Kardiman,  S.Pd.  adalah  guru  Penjaskes dengan  jabatan  Guru  Pertama  pangkat dan golongan ruang Penata Muda III/a TMT 1 April 2012. Kardiman, S.Pd. yang mengajar 24 jam tatap muka dan telah mengikuti PK GURU pada Desember 2012 mendapat nilai 50. Maka untuk menghitung angka kredit yang diperoleh oleh Kardiman,  S.Pd.  dalam  tahun  tersebut  digunakan  langkahlangkah  perhitungan sebagai berikut :

1)  Konversi hasil PKG ke skala nilai 0 – 100 sesuai Permeneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009 dengan menggunakan  formula matematika berikut:
    



Keterangan: 
•  Nilai PKG skala 100 adalah  nilai  PKG  Kelas / Mata Pelajaran atau Bimbingan dan
Konseling/Konselor  dalam  skala  0 100  menurut  Permeneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009.
•  Nilai  PKG  adalah  nilai  PKG  Kelas / Mata  Pelajaran  atau  Bimbingan  dan Konseling /Konselor yang diperoleh dalam proses PKG sebelum diubah ke dalam skala 0 – 100 menurut Permeneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009.
•  Nilai PKG Tertinggi adalah nilai tertinggi PKG yang dapat dicapai, yaitu 56 (=14 x 4) bagi  PKG Kelas / Mata Pelajaran (14 kompetensi), dan 68 (=17 x 4) bagi PKG Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor (17 kompetensi). 

Nilai PKG tertinggi untuk pembelajaran adalah 56, maka dengan formula matematika tersebut diperoleh Nilai PKG skala 100 = 50/56 x 100 = 89.

2)  Berdasarkan Permeneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009, nilai 89 berada dalam rentang 76 – 90, sehingga Kardiman, S.Pd. memperoleh nilai  “Baik” (100%).
3)  Bila Kardiman, S.Pd. mengajar 24 jam per minggu maka berdasarkan rumus tersebut  angka  kredit  yang  diperoleh  Kardiman,  S.Pd.  untuk  sub unsur pembelajaran pada tahun 2012 (dalam periode 1 tahun) adalah :


4)  Angka kredit yang diperoleh Kardiman, S.Pd.  selama tahun 2012 adalah  10.5 per  tahun.  Apabila  Kardiman,  S.Pd.  memperoleh  nilai  kinerja  tetap  “Baik”, selama  4  tahun,  maka  angka  kredit  untuk  unsur  pembelajaran  yang dikumpulkan adalah 10.5 x 4 = 42.

5) Apabila  Kardiman,  S.Pd.  melaksanakan  kegiatan  Pengembangan  Keprofesian Berkelanjutan dan memperoleh 3 angka kredit dari pengembangan diri, dan 5 angka kredit dari kegiatan penunjang, maka Sdr. Kardiman, S.Pd. memperoleh angka kredit kumulatif sebesar : 42 + 3 +  5 = 50. Karena angka kredit yang dipersyaratkan untuk naik pangkat/jabatan dari Guru Pertama pangkat Penata Muda, golongan ruang III/a ke Guru Muda pangkat Penata Muda Tingkat I, golongan  ruang  III/b  adalah  50,  maka  Kardiman,  S.Pd.  dapat  naik pangkat/jabatan tepat dalam 4 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar