JURNAL
Jurnal merupakan catatan pendidik di
dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan
dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.
Kelebihan yang ada pada jurnal adalah
peristiwa/kejadian dicatat dengan segera. Dengan demikian, jurnal bersifat asli
dan objektif dan dapat digunakan untuk memahami peserta didik dengan lebih
tepat. Sementara itu, kelemahan yang ada pada jurnal adalah reliabilitas yang
dimiliki rendah, menuntut waktu yang banyak, perlu kesabaran dalam menanti
munculnya peristiwa sehingga dapat mengganggu perhatian dan tugas guru, apabila
pencatatan tidak dilakukan dengan segera, maka objektivitasnya berkurang.
Terkait dengan pencatatan jurnal, maka
guru perlu mengenal dan memperhatikan perilaku peserta didik baik di dalam
kelas maupun di luar kelas. Aspek-aspek pengamatan ditentukan terlebih dahulu
oleh guru sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diajar. Aspek-aspek
pengamatan yang sudah ditentukan tersebut kemudian dikomunikasikan terlebih
dahulu dengan peserta didik di awal semester.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan
dalam membuat jurnal adalah :
1) Catatan atas pengamatan guru harus objektif
2) Pengamatan
dilaksanakan secara selektif, artinya yang dicatat hanyalah kejadian /
peristiwa yang berkaitan dengan Kompetensi Inti.
3) Pencatatan segera dilakukan (jangan ditunda-tunda)
Pedoman
umum penskoran jurnal :
1) Penskoran pada jurnal dapat dilakukan dengan menggunakan skala likert.
Sebagai contoh skala 1 sampai dengan 4.
2) Guru menentukan aspek-aspek yang akan diamati.
3) Pada masing-masing aspek, guru menentukan indikator yang diamati.
4) Setiap aspek yang sesuai dengan indikator yang muncul pada diri peserta
didik diberi skor 1, sedangkan yang tidak muncul diberi skor 0.
5) Jumlahkan skor pada masing-masing aspek.
6) Skor yang diperoleh pada masing-masing aspek kemudian direratakan
7) Nilai Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) ditentukan
dengan cara menghitung rata-rata skor dan membandingkan dengan kriteria
penilaian
1) Model Pertama
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh
guru):
(a)
Tulislah identitas
peserta didik yang diamati
(b)
Tulislah tanggal
pengamatan.
(c) Tulislah aspek yang
diamati oleh guru.
(d) Ceritakan
kejadian-kejadian yang dialami oleh Peserta didik baik yang merupakan kekuatan
Peserta didik maupun kelemahan Peserta didik sesuai dengan pengamatan guru
terkait dengan Kompetensi Inti.
(e)
Tulislah dengan
segera kejadian
(f)
Setiap kejadian per
anak ditulis pada kartu yang berbeda.
(g)
Simpanlah kartu
tersebut di dalam folder masing-masing Peserta didik
Format:
Jurnal
Nama Peserta Didik : ………………………….
Nomor
peserta Didik : ………………………….
Tanggal : ………………………….
Aspek yang diamati : ………………………….
Kejadian : ………………………….
Guru:
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
2) Model Kedua
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh
guru) :
(a)
Tulislah Aspek yang
diamati
(b)
Tulislah identitas
peserta didik yang diamati
(c)
Tulislah tanggal
pengamatan.
(d) Tulislah aspek yang diamati
oleh guru.
(e) Ceritakan
kejadian-kejadian yang dialami oleh Peserta didik baik yang merupakan kekuatan
Peserta didik maupun kelemahan Peserta didik sesuai dengan pengamatan guru
terkait dengan Kompetensi Inti.
(f) Tulislah dengan
segera kejadian yang diamati
(g) Setiap kejadian per
anak ditulis pada kartu yang berbeda.
(h) Simpanlah kartu
tersebut di dalam folder masing-masing Peserta didik
Contoh Format Jurnal
|
||||
Jurnal
|
||||
Nama
Peserta Didik
|
:
………………..
|
|||
Aspek
yang diamati
|
:
………………..
|
|||
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KEJADIAN
|
KETERANGAN/
|
|
TINDAK
LANJUT
|
||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar